Belajar Bisnis Online | Model dan Tips Membangun Bisnis Online

Anda sudah mengerti tentang bisnis online atau nama kerennya "Internet Marketing" ?  Mungkin sebagian orang sudah mengerti dan faham. Tapi ada sebagian lagi yang bisa jadi belum mengerti sama sekali.

Nah, saya akan share beberapa hal terkait bisnis online.

Sebelumnya, saya mau perkenalkan diri dulu ya.
Nama saya Iqbal, saya juga masih karyawan di salah satu perusahaan StartUp tech di Indonsesia.

Sebelum bekerja di sini, saya pernah beberapa kali bekerja diperusahaan swasta, sekaligus berpartner dalam membuat usaha.
Pertama saya benar- benar kenal dunia online itu, sekitar tahun 2007 - 2008. Saat itu saya masih berstatus sebagai freelance di Event Organizer juga sebagai session player musik.

Kepikiran untuk cari - cari tambahan lain. Waktu itu saya terkesima dengan orang yang memainkan Forex melalui online.Saya ingat sekali dulu ada tools namanya Marketiva, yang saya tahu dari  teman Saya.
Dari situ Saya terinspirasi untuk mencari - cari ide dan peluang cara mendapatkan uang dari internet.  Waktu itu, hal tersebut terlihat sangat janggal dan aneh untuk cari uanga via internet. Udah gitu masih santer - santernya  penipuan lewat online.

Singkat cerita, Saya menemukan ebook tentang cari duit dari internet.  Namanya kalau tidak salah adalah "duitpanas.com". kalau tidak salah. Tapi ternyata, kualitasnya parah banget. Hehe.. Yang dibahas cuma kulit luarnya aja. Udah gitu ujungnya, disuruh pasarin lagi ebook itu.

Gak apa - apa deh, pikir - pikir ongkos belajar.  Tapi anehnya, hal tersebut gak membuat Saya patah semangat. Proses hunting Saya tetap jalankan. Bertemu lah dengan Asianbrain.com, bu Anne Ahira a.k.a Bu Guru.  Saya jadi member selama 6 bulan. Dan udah bisa bikin blog dari  situ. Nah, di kursus inilah Saya ketemu Pak Davit.

Waktu itu kita ( asian brain ) lagi ada gathering & workshop untuk para member yang diadakan di sekolah pariwisata, daerah Jakarta Selatan.  Saya lupa persisnya, yang Saya ingat dekat perempatan lampu merah Ragunan. Di situ Saya sudah mulai melihat semangat Pak Davit yang menggebu - gebu walaupun mash berstatus karyawan. Beliau bahkan sudah memiliki kartu nama dan mencantumkan web affiliasi Asian Brainnya. Saya ingat sekali itu :D.

6 Bulan di Asian Brain, Saya mendapatkan pengetahuan mengenai basic - basic internet marketing dan bisnis online.Saya juga sudah mampu membuat blog dari blogger dan wordpress yang gratisan. Tapi saya memutuskan berhenti karena ya jujur aja, saya sudah mulai gak bisa bayar.
Waktu itu Rp200.000 bulan. Karena kebutuhan internet ditambah untuk kebutuhan ikut kursus saat itu kalau say jumlah bisa sampe 500ribuan per bulan.  jadi Saya kesulitan untuk menyiapkan dana lagi.

Namun semangat saya tidak putus sampai di situ. Karena merasa udah bisa nguasain blog. Saya beralih cari - cari pelajaranya yang sekali bayar. Di saat yang bersamaan Saya pun bekerja di sebuah perusahaan swasta. Perusaah StartUp namun Saya diberikan kekuasaan penuh untuk mengatur dan menjalankan strategi  operasional dan marketing serta permodalan.

Kesempatan ini, gak Saya sia-siakan. Saya browsing gila -gilaan untuk meningkatkan omset perusahaan ini. Dari sini lah saya mulai meniti karir serius dengan mengikuti course - course online marketing. Saya menemukan dan akhirnya mengikuti beberapa course offline dan online Marketing dari :  Peter Kohar, Welly Mulia, GM.Susanto, Tung Desem Waringin.
Bahkan tokoh Internet Marketing luar negeri Saya ikuti lesson dan ebooknya: Russel Brunson, Anik Signal,  Frank Kern, Jay Abraham.

Semua ilmu tersebut benar - benar cespleng. Saya terapkan di perusahaan Saya yang bergerak dibidang Art & Entertainment:  Cafe, Production House,  Studio Musik, Instrument Music Store hingga Saya juga sempat membuat bisnis sampingan sendiri, yaitu sewa sound system.

Berikut ini blog/website yang pernah Saya bangun namun sudah  tidak ada. 

1. swezzdynamic.com
2. jualampliminimarhsall.com
3. sewasoundsystemmurah.com
4. FJB kasksus:Ampli Mini Marshall
5. Blog gratisan tentang bass Cara Belajar Bass. Masih nyangkut di halaman 5 Google.  Gak pernah saya update karena cuma blog test saja. Ini Saya buat di tahun 2013.

Semua website tersebut pernah nangkring di halaman pertama Google :D. Tapi domain - domainnya Saya gak terusin lagi. Selain perusahaan Saya tutup, banyak kesalahan - kesalahan yang saya lakukan dari perjalanan tersebut.  Dari di tipu orang karena pake jasa buat website

Dan selama 2014 - pertengahan 2015. Saya benar - benar vakum dari bisnis online.  Fase dan tahun tersebut, bisa dibilang fase linglung Saya. Gak tau mesti ngapain, kehilangan pekerjaan, kehilangan usaha. Dan saat itu kepengen nikah.

Singkat cerita, Allah Maha Rahman , Maha Rahim, akhirnya Saya diajak kembali untuk bekerja di sebuah perusahaan StartUp Digital Logistik dengan skup Asia Tenggara oleh kawan Sahabat saya dari kecil.  Di situlah semua berawal. Saya mulai kembali membangun karir Saya dan memutuskan kembali untuk belajar dan menggeluti lagi dunia Internet Marketing atau Bisnis Online yang sungguh dahsyat perubahannya.


Pengalaman Berharga & Hikmah Yang Bisa Diambil
======================================

Bisnis online dari tahun ke tahun , sudah tidak lagi sama. Apa yang saya alami dulu dan sekarang ini, sudah sangat berbeda.  Untuk Anda para pemula dengan banyaknya pilihan ini akan membuat Anda rentan akan overload informasi hingga akhirnya Anda bingung sendiri mau mulai dari mana.

So dari mana Anda harus memulai bisnis online ? Mulai lah dari 3 hal ini
a. Aspkek non teknis
b. Aspkek teknis.
c. Metode belajar

A. Aspek non Teknis 
Aspek non teknis terutama terkait mental dan mindset.  Ingat baik - baik bahwa bisnis online ada ril bisnis yang  butuh investasi, baik tenaga, waktu dan juga uang. Tetap butuh pengorbanan serta fokus.  Hanya saja dari segi waktu berpotensi untuk jauh lebih cepat mendapatkan incomenya.

B. Aspek Teknis. 
Dalam bisnis online akan banyak banget istilah - istilah yang sebelumnya asing tapi Anda harus bisa hafal dan menguasai di luar kepala nantinya. Seperti model bisnis online: product creation, affiliate marketing, PPC advertising dsb.
Juga ada istilah seperti copywriting, autoresponder,  domain, hosting dsb.  Tidak perlu pusing, Saya yakin dengan berjalannya waktu, Anda yang sungguh sungguh dan fokus dalam menjalankan bisnis online, akan hafal dengan sendirinya.

Cukup kuasai 1-2 hal tentang teknik internet marketing: entah SEO, copywriting, content creation, membuat website, advertising  dsb. Pokoknya Saya mewajibkan Anda untuk benar - benar kuasai 1- 2 hal tersebut dan jangan berpindah hingga tercapai income yang sesuai target dan hingga level expertisi tertentu.

C. Metode Belajar
Jika Anda mengakui bahwa diri Anda adalah newbie, pemula atau masih awam di dunia bisnis online atua internet marketing maka saran Saya adalah temukan mentor. WAJIB. 
Kalau Anda juga masih berstatus karyawan, saran Saya juga sama, temukan mentor. WAJIB. 

Apa alasannya ?  
Simple, supaya cara belajar Anda bisa tepantau dan waktu tempuh yang dibutuhkan untuk "pecah telor / mendapatkan income" Insya Allah akan jauh lebih cepat. Karena ada yang membimbing atau mentor tadi. Gak perlu banyak - banyak ngalamin trial - error yang bakalan ngabisin waktu.  Bahkan Anda akan dikoreksi sebelum  kesalahan itu terjadi oleh mentor Anda.

Setelah punya mentor, akan jauh lebih enak juga bila Anda punya grup  aktif yang mensupport Anda dalam membangun bisnis online. Jadi ada semangat untuk saling support dan semangat kita tetap terjaga bila melihat keberhasilan dari member lainnya yang berhasil yang meraih omset yang luar biasa.

Model dan Tipe Peluang Usaha di Bisnis Online
==================================

Saya hanya akan membahas 3 model dan cara bisnis online yang paling berpotensi menghasilkan income yang besar.  Dan Saya akan berusaha jelaskan dengan bahasa yang sesimple mungkin.
Apaa aja ? yuk simak.

1. Product Creation.  
Point inti:  Anda membuat sebuah produk, bisa produk fisik ataupun produk digital dan Anda pasarkan melalui internet. Bisa juga berupa jasa  atau service. Anda 100% sebagai pemilik dari produk/jasa ini.  


Biasanya kalau produk yang dipunya atau dibuat adalah  produk fisik,  para ownernya akan memasarkan  dengan menggunakan metode membuat toko online dan via marketplace ( OLX, Tokopedia, Bukalapak dll ).
Dan untuk yang produknya non fisik & jasa, biasanya pemasarannya lebih menggunakan metode blogging atau website yang non toko online

Untuk barang - barang yang digital biasanya berupa software, ebook, video course, audio course dsb.

Contoh toko online ( buat Anda yang belum tahu ) lihat saja:
- lazada.co.id
- berrybenka.com,
- MatahariMall.com
Itu adalah contoh model toko online besar atau biasa disebut E-Commerce.

Contoh marketplace Anda bisa lihat :
- untuk barang fisik: blibli.com, tokopedia.com, olx.co.id
- untuk barang digital: ratakan.com, idaff.com dsb.
- untuk jasa:  sejasa.com,  seekmi.com, dsb.

Contoh website non toko online
- https://www.thankyourskin.com  (  website tentang  produk perawatan kulit )
- http://www.greenexamacademy.com ( website tentang test menjadi arsitek )

Untuk Product Creation udah jelas ya ? konsepnya se simple itu.

Nah untuk Anda yang masih belum ketemu mau jual apa , apakah produk fisik, produk digital atau bahkan jasa, di RWP grup ini diberikan alternatif solusinya.  Anda bisa cek di halaman  PELUANG KEMITRAAN.

Di situ ada 2 produk fisik yang bisa Anda bisa jadikan awalan untuk memulai yaitu produk kosmetik dan hijab.   Untuk produk Digital apakah ada tutuorial yang mengajarkannya, tentang bagaimana membuat produk digital ?

Sepengelaman Saya, di RWP grup porsi ini tidak mendapat bagian cukup besar.  Untuk Cara dan Startegi Product Launch, Anda bisa cek ke Studi Kasus 100 Juta Dari Product LaunchProduct Launc mastery.  

2. Affiliate Marketing.
Point inti:   Anda memasarkan atau menjualkan produk orang lain dengan menceritakannya dan merekomendasikan produk tsb. Bila calon customer tersebut membeli atau memasukkan sebuah data yang dibutuhkan oleh sang owner produk, maka Anda akan mendapatkan komisi dari sang Owner.  

Blog ini salah satu dari model Affiliate Marketing yang bisa Anda terapkan juga. Di halaman page PRODUK DIGITAL, JASA KAMI, PELUANG KEMITRAAN teurtama di bagian icon - icon yang berwarna tsb, saya sisipkan link affiliasi Saya.

Jadi setiap ada yang melakukan pembelian dengan menglik icon tersebut, Saya akan mendapatkan komisi penjualannya. 

Apakah bisa barang fisik ada sistem Affiliate nya ? Bisa saja.

Sebenarnya, sistem dropship dalam toko online merupakan salah satu metode dari Affiliate Marketing. Hanya nama dan caranya saja yang agak bereda.  Kalau dropship, merupakan barang fisik dan biasanya keterlimbatan Anda masih besar untuk chit chat dengan calon pembeli yang malah kadnag PHP doang, hehe. 

Namun kalau dengan Affiliate Marketing Anda tidak  terlibat sama sekali dengan transaksi jual beli apa pun saat customer akan dan atau setelah melakukan pembelian.  Anda hanya konsentrasi mendatangkan traffic dan memperbesar tingkat potensi pembelian orang yang melakukan klik di link Anda tersebut. That's it!

3. Pay Per Click Advertising.  
Intinya; Anda akan dibayar bila ada orang yang mengklik sebuah link yang Anda tampilkan di blog Anda.  

Contoh paling tenar untuk model ini adalah google Adsense.  Adsense akan membayar kepada Anda bila ada orang yang klik iklan tersebut yang muncul di website atau di dalam konten Anda.

Salah satu contoh PPC Advertising ini ada di blog Max Manroe
Penampakannya seperti in:

belajar bisnis online google adsense
Yang Saya beri tanda panah adalah contoh google Adsense. Sumber https://www.maxmanroe.com




Penghasilan dari sini per clik nya memang tidak seberapa dibanding 2 model tersebut. Bisa dibilang ini "ngumpulin" receh lah.
Tapi Anda bisa membuat blog yang super keren dengan target traffic yang buanyaaak per harinya, setelah itu Anda dapatkan pasangkan kode ini.

Biasanya sih blog baru yang postingannya masih sangat sedikit agak susah diterima oleh Google saat akan mendaftar Google Adsense.  Tapi sih sudah banyak cara- cara yang bisa membuat akun ada langsung "lulus"  walaupun Anda baru pertama kali mengerjakannya bahkan mendengarnya :D.

Untuk blog yang seperti ini, biasanya sang owner juga mencari uang dengan cara menyediakan space kosong untuk siapa saja yang ingin meletakk banner untuk diiklankan di websitenya. Istilahnya "jualan iklan".

Tapi sekarang - sekarang ini, model bisnis seperti itu tidak hanya diterapkan untuk blog - blog yang menggunakan google Adsense sebagai sumber penghasil uang utamanya. Blog yang 100% memasarkan produk affiliasi pun terkadang juga membuka space untuk iklan di side bar ( samping kanan ) blog mereka.

Ada juga blog - blog atau website pribadi dimana ownernya mencari penghasilan dari menjual space iklan ini.

belajar bisnis online
Penampkan Space Iklan dari webiste Ustadz YusufMansur.com




Tips Untuk Yang Memulai Bisnis Online
==============================

Saya tidak ingin Anda terjebak oleh mimpi - mimpi bulshit tentang bisnis online yang dijual orang - orang di luar sana. Saya memilih untuk memberikan kepada Anda gambaran dan kondisi ril tentang bisnis online.

Saat ini, sudut pandang yang Saya gunakan adalah Anda sebagai yang awam atau newbie serta karyawan yang masih super sibuk. Saya juga karyawan, jadi Insya Allah tips ini akan relevan bagi Anda.

Ada beberapa fakta lapangan yang harus Anda camkan betul - betul yang mungkin tidak akan diberitahu di tempat mana pun itu:

1.TIDAK ADA bisnis online yang GRATIS alias TANPA MODAL UANG. 

Setidaknya, Anda modal pulsa untuk theatring atau berlangganan internet cable perbulan. Ingat, ini bisnis. Investasi Anda di pulsa atau internet cable harus terhitung sebagai pengeluaran yang harus "ditutupi" dari bisnis Anda itu sendiri apa pun jenis model yang Anda pilih.

2. Setiap pilihan model bisnis online yang Anda pilih PUNYA KEKURANGAN

Bisnis itu layakanya kendaraan.  Sebagus apa pun kendaraan Anda, pasti punya kekurangan dan juga kelebihan. dilain waktu, saya akan bedah masing- masing kelebihan dan kekurangan dari masing masing model ini.

3. Anda HARUS MENGERTI 1-2 hal teknis dalam Bisnis.

Siapa yang bilang Anda tidak butuh mengerti hal teknis ??  Betul memang tidak perlu semaunya ngerti.  Tapi Anda WAJIB kuasai 1 -2 hal teknis yang di mana itu merupakan passion atau kesukaan Anda.Seminimal minimalnya hal itu secara sadar merupakan pilihan Anda.

Selebihnya, Anda memang bisa sewa jasa atau berpatner dengan rekan Anda.  Entah teknis membuat tulisan yang bagus, entah teknis SEO, entah teknik iklan, entah teknik membuat website, entah teknis backlink. Pokoknya cari sampai sreg teknis apa yang HARUS Anda kuasai.

Ingat, cukup 1-2 hal saja. 


4. Anda harus punya MENTOR atau GRUP untuk mempercepat perjalanan Anda

Harga mati. Mau cepet dapet hasil. Belajar dari Ahlinya. Titik. hehe :)


Segitu dulu ya sharing saya kali ini.
Diserapi dan di hayati benar - benar. Setelah itu, Saya akan bahas dan membedan masing -masing  kekurang dan kelebihan dari 3 model bisnis online yang saya sebutkan tadi.

Jika bermanfaat, please share artikel ini.
Terima kasih.




Sukses Untuk Anda!







Belajar Bisnis Online | Model dan Tips Membangun Bisnis Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment